Selayang Pandang

  • 0
Fisika sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan sering dianggap sebagai momok bagi para pelajar baik tingkat SMP/SMA sederajat bahkan mahasiswa. Mungkin hal ini dianggap wajar mengingat fisika memang identik dengan rumus-rumus dan perhitungan yang cukup njelimet. Selain itu juga dibutuhkan daya nalar, imajinasi yang cukup baik untuk benar-benar mengerti tentang dunia fisika.

Tetapi dengan pembelajaran dan pemahaman yang benar tentang konsep, fisika justru bisa menjadi pelajaran yang sangat mudah dipahami sehingga sangat asyik dan menyenangkan. Tentunya hal ini idealnya dimulai sejak dini, sejak kelas 1 baik SMP maupun SMA. Tetapi jangan berkecil hati bagi yang sudah kelas 2 maupun 3, karena masih banyak waktu untuk belajar. Asal ada kemauan yang keras, adek-adek kelak pasti bisa menjadi para jagoan fisika. Amin.

Sebenarnya, tanpa kita sadari setiap hari kita melihat bahkan merasakan kejadian-kejadian fisika. Kita bisa berjalan dengan santainya karena adanya gaya gesek antara sepatu dengan lantai. Adek-adek pasti bersorak riang saat bel pulang berdering, adek-adek seketika bisa mendengar suara bel karena adanya perambatan suara dari bel menuju telinga melalui udara. Ibu-ibu bisa merebus air karena adanya kalor, disana terjadi proses konveksi. Tumbuh-tumbuhan bisa berfotosintesis karena adanya sinar Matahari melalui proses radiasi, sinar Matahari bisa sampai ke Bumi. Bayangkan kalo sinar Matahari tiba-tiba terhalang dan tak pernah sampai ke Bumi?. Dan masih ada ribuan kejadian-kejadian fisika yang kita lihat dan rasakan setiap harinya. Bisa dikatakan selama hidup, kita tidak bisa terlepas dari kejadian-kejadian fisika. Oleh sebab itu, fisika bukan untuk dihindari tetapi kita-lah sebenarnya yang membutuhkan.

Nah, melalui blog yang sederhana ini Mas Budi ingin sekali membantu adek-adek yang bener-bener ingin belajar dan mengerti tentang dunia fisika. Kalau ada permasalahan, bab-bab yang belum mengerti, soal-soal yang masih bingung ngerjainnya silahkan ditanyakan, bisa lewat kotak komentar maupun via email. Bukan berarti disini Mas Budi yang paling pintar, saya yakin banyak di antara adek-adek yang memiliki kemampuan lebih dari saya pribadi. Intinya, di blog yang sederhana ini yuk kita sama-sama belajar. Mas Budi belajar mengajar dan adek-adek ya tentunya belajar fisika.

Kelak, saat adek-adek benar-benar menyukai dan memahami kejadian-kejadian fisika kalian akan terkagum-kagum dengan alam semesta yang begitu teratur dan besar ini. Kita akan berpikir “Begitu sangat-sangat hebatnya “sesuatu” yang bisa menciptakan dan mengatur semua ini”, dialah ALLAH SWT. Kita akan merasa, betapa kecilnya kita, betapa sedikitnya ilmu yang kita miliki. Karena itu kita tidak pantas untuk sombong ketika kita lebih memahami pelajaran tertentu dibandingkan teman kita, kalau kita merasa paham sebaiknya ajari teman-teman kita yang masih bingung. Pada akhirnya semua jadi bisa kan.

Pada akhirnya Mas Budi berharap semoga fisika yang tadinya menjadi momok bagi sebagian besar pelajar berubah menjadi pelajaran yang gampang, asyik dan menyenangkan, GASING kata Bp. Yohanes Surya. Sehingga kelak lahirlah fisikawan-fisikawan muda di tanah air tercinta Indonesia ini yang mengenal dan hanya takut pada penciptanya, ALLAH SWT. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar