Soal Dinamika Rotasi : Sistem Katrol (Part 1)

  • 4
Perhatikan gambar berikut. Momen inersia sistem katrol adalah I=1,90 kg m2, sedangkan r1=50 cm dan r2=20 cm. Tentukan :
(a). Percepatan sudut sistem katrol?
(b). Tegangan tali T1 dan T2. (g=10 m/s2).

Penyelesaian :
(a). Perhatikan gambar, sistem katrol bergerak berlawanan arah jarum jam. Artinya benda bermassa m1 akan bergerak ke bawah dan benda bermassa m2 akan bergerak ke atas. Oleh karena itu, untuk benda m1 kita tetapkan arah ke bawah sebagai positif, dan untuk benda m2 kita tetapkan arah ke atas sebagai positif. Sekarang tinjau diagram gaya pada benda m1 (Gambar (a) ) dan m2 (Gambar (c)).

Hukum II Newton untuk gerak translasi m1 dan m2 memberikan :
Selanjutnya kita tinjau diagram gaya pada katrol (Gambar (b)). Dengan menetapkan arah berlawanan arah jarum jam, sesuai arah gerakan katrol adalah positif maka gaya T1 menghasilkan momen +T1 r1 (berlawanan arah jarum jam) dan gaya T2 menghasilkan momen -T2 r2 (searah jarum jam). Hukum II Newton untuk gerak rotasi memberikan :
Sekarang, perhatikan besaran-besaran yang akan menghubungkan Persamaan (*), (**), dan (***). Kedua katrol terletak pada satu pusat yang sama , artinya kedua katrol memiliki kecepatan sudut (ω) dan percepatan sudut (α) yang sama pula. Karena jari-jari kedua katrol tidak sama, r1≠r2. Maka percepatan linier benda m1 tidak sama dengan percepatan linier benda m2, a1≠a2. Atau bisa kita rangkum :
r1≠r2 ; a1≠a2; α12=α.
Dengan a1=αr1; a2=αr2

Langkah selanjutnya subtitusi persamaan (*) dan (**) kedalam persamaan (***) sehingga kita peroleh :

Maka,

(b). Untuk mencari besar Tegangan tali T1 dan T2, terlebih dahulu kita mencari besar a1 dan a2.


Alhamdulilah, akhirnya selesai juga pekerjaan kita. Gimana adek-adek udah ngerti belum? Silahkan dipelajari lagi ya, pokoknya harus rajin berlatih untuk benar-benar mengerti dan memahami konsep-konsep dasar fisika. Percayalah, saat adek-adek mulai memahami konsep-konsep dasar, fisika akan terasa gampang asyik dan menyenangkan (GASING kata Bp. Yohanes Surya). Bahkan adek-adek akan ketagihan dalam artinya sangat senang dan semangat mencari dan mengerjakan soal-soal fisika dalam kasus-kasus yang berbeda dan bahkan lebih susah.

Sekedar oleh-oleh, silahkan adek-adek kerjakan contoh soal di bawah ini. Tetap semangat dan pantang menyerah untuk menakhlukan soal-soal fisika. Oke.

Seperti contoh soal yang baru saja kita bahas, dengan momen inersia katrol I=1,7 kg m2, sedangkan r1=50 cm dan r2=20 cm. Massa benda m1=2 kg dan massa benda m2=1,8 kg.
(a). Berapa percepatan sudut sistem katrol?
(b). Tegangan T1?
(c). Tegangan T2?
Katrol berputar kearah benda m1 (g=10 m/s2).

4 komentar: